Kerjasama SMK Zyrex

Produsen komputer Zyrex bersama sejumlah sekolah menengah kejuruan akan mempro-duksi 12.000 personal computer. Para siswa SMK akan merakit komputer sampai lengkap dengan peranti lunaknya. Perakitan akan dilakukan di SMK-SMK di berbagai kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Medan, Padang, Solo, dan Malang, yang memiliki jurusan teknologi informasi.

Komputer tersebut akan dibagikan kepada 250 SMK di seluruh Indonesia. Setiap sekolah akan mendapatkan sekitar 35 komputer.

Demikian diungkapkan Direktur Pembinaan SMK Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional

”Langkah ini untuk efisiensi pembelian komputer sekaligus memberi bekal kompetensi kepada siswa dan lulusan SMK di bidang perakitan komputer. Komputer akan dirakit oleh siswa SMK dan tim teknisi Zyrex,” kata Joko.

SMK Zyrex

Komputer ini nantinya diberi merek ”SMK Zyrex” dengan gambar bendera Merah Putih dengan spesifikasi prosesor Pentium 4. Harganya Rp 2,8 juta-Rp 2,9 juta per unit. Perakitan akan dimulai awal Juni. ”Nanti akan disusul dengan perakitan laptop,” kata Joko.

”Ini sifatnya joint manufacture antara SMK dan Zyrex. Setelah memproduksi PC, nanti akan disusul dengan perakitan laptop,” ungkapnya.

Menurut Joko, program ini akan dikembangkan ke arah pemasaran komersial dengan pasar dunia pendidikan. ”Sekolah bisa langsung menjual ke guru atau siswa. Kami punya cita-cita, semua siswa SMK membawa notebook yang di dalamnya berisi bahan ajar. Notebook-nya tidak kami berikan gratis, tetapi ada subsidi,” ujarnya.

Komentar ditutup.