Delapan pertanyaan untuk membantu menilai kinerja guru di sekolah

Menilai kinerja guru di sekolah bukan sebuah hal yang sederhana. Perlu sebuah komunikasi yang baik di dalam sekolah sendiri untuk membuat sebuah standar penilaian yang baik. Standar penilaian kinerja guru yang baik tidak muncul begitu saja. Perlu diupayakan kesepakatan dari pihak yang akan menilai (kepala sekolah) dan guru yang akan dinilai. Dengan demikian tercapai saling pengertian bahwa proses penilaian kinerja guru, sama sekali bukan untuk mencari-cari kesalahan tetapi semata-mata untuk peningkatan kinerja agar sekolah dapat berjalan lebih baik lagi dalam prakteknya. Serta bagaimana agar sekolah dapat membantu guru agar lebih baik lagi dalam melakukan pembelajaran dikelas.

Standar penilaian kinerja guru yang baik tidak muncul begitu saja. Perlu diupayakan kesepakatan dari pihak yang akan menilai (kepala sekolah) dan guru yang akan dinilai.

Berikut ini delapan pertanyaan yang dapat menuntun guru dan kepala sekolah dalam melakukan penilaian kinerja. Pertanyaan dibawah ini dapat diajukan kepada guru yang akan dinilai sekaligus mengarahkan kepala sekolah dalam menilai kinerja.

1. Apakah semboyan dan filosofi mengajar anda

2. Apakah rencana anda tahun ajaran ini

3. Sebutkan pencapaian anda tahun ini

4. Sebutkan kesulitan yang anda hadapi

5. Apakah strategi anda untuk mencapai tujuan-tujuan di tahun ajaran ini?

6. Apakah peran dan sumbangsih anda dalam kegiatan-kegiatan di sekolah?

7. Hal-hal apa saja yang harus di tingkatkan untuk mendukung kinerja anda di sekolah

8. Apa saran anda untuk sekolah ini?

Sumber : http://gurukreatif.wordpress.com

Satu Balasan ke Delapan pertanyaan untuk membantu menilai kinerja guru di sekolah

  1. Purwosusilo mengatakan:

    kinerja guru dalam proses pembelajaran dapat dilihat dari 2 sisi yaitu perencanaan & pelaksanaan pembelajaran dan hasil dari proses pembelajaran itu sendiri, gimana ?